Membuat Objek 3 Dimensi menggunakan 3ds Max Studio
Tiga Dimensi, biasanya digunakan dalam penanganan grafis. 3D secara umum merujuk pada kemampuan dari sebuah video card (link). Saat ini video card menggunakan variasi dari instruksi-instruksi yang ditanamkan dalam video card itu sendiri (bukan berasal dari software) untuk mencapai hasil grafik yang lebih realistis dalam memainkan game komputer.
3D Studio Max merupakan salah satu Software untuk pembuatan animasi tiga dimensi. Sejak pertama kali dirilis, 3D Studio Max menjadi pemimpin aplikasi pembangunan animasi tiga dimensi. Sejak versi ke empat, Discreet, produsen 3D Studio Max, berusaha untuk meluaskan area fungsinya sehingga dapat digunakan untuk membuat animasi bagi Web atau film. Versi terbarunya, yaitu versi 5, sudah mengarah kepada perluasan fungsi tersebut. Hal ini ditunjukkan dengan adanya pengembangan pada polymodelling, mapping dan beberapa beberapa revisi pada tool untuk animasi. Namun dari fitur-fitur yang ada, fitur yang paling menarik dari 3D Studio Max versi 5 adalah reactor. Reactor ini terintegrasi dengan interface dari 3D Studio Max dan menyediakan tool untuk membuat simulasi. 3D Studio Max ini sering digunakan untuk membuat model-model rumah atau furniture. Selain itu, banyak pula digunakan di dalam seni digital dan pembuatan game.
Membuat rumput 3 Dimensi kini semakin mudah dilakukan dengan aplikasi software 3 Dimensi. Anda dapat menggunakan aplikasi 3ds max misalnya. Namun fitur untuk membuat rumput ini, baru tersedia di 3ds max versi 8 keatas (di versi 7.5 sebenarnya sudah tersedia, hanya saja prosedur penginstalannya agak sedikit panjang. Disarankan Anda menggunakan 3ds Max versi 8 keatas). Fitur tersebut bernama Hair and Fur. Fitur ini tidak saja berfungsi untuk membuat rumput, namun sesuai dengan namanya, dapat juga membuat rambut dan bulu 3 Dimensi. Dengan adanya fitur ini, objek rumput yang dibuat akan tampil lebih nyata dan realistik.
Cara membuatnya:
1. Pada Command Panel, klik tab Create>Geometry>Plane
2. Buka rollout KeyboardEntry dan Anda isikan nilai seperti petunjuk gambar dibawah. Lalu klik tombol Create
3. Buka tab Modify
4. Di rollout Parameters, Anda isi nilai parameter seperti petunjuk dibawah.
5. Klik kotak warna seperti pada gambar dibawah
6. Pilih warna coklat dan tekan tombol OK
7. Klik kotak bertuliskan Modifier List (seperti pada petunjuk dibawah)
8. Klik pilihan Hair and Fur (WSM).
9. Buka rollout Material Parameters dan ubah warna pada Tip Color menjadi warna hijau muda dan Root Color menjadi warna hijau tua
10. Memilih warnanya seperti pada panduan gambar berikut
11. Setelah selesai, Anda klik menu Rendering>Render
12. Klik tombol Render
13. Tampilannya akan seperti ini